Sabtu, 07 April 2012

Pendaftaran AFS/YES 2013-2014

Halo teman - teman ! Sebelumnya, aku cuma mau bantuin promosiin program ini doang nih. Berhubung, aku juga lagi mau ikut program ini. Aku mau share ke kalian semua, terutama yang ikut di Chapter Makassar ya :D
Kalian pernah dengar tentang AFS? KL-YES? Bina Antarbudaya?
Tiga istilah itu sangat lekat dengan yang namanya seleksi pertukaran pelajar. Siapa sih yang nggak mau sekolah dan tinggal di negara-negara Eropa seperti Jerman, Belgia, Norwegia, Perancis, Italia, Jepang, Swiss, Belanda, dan Amerika Serikat selama satu tahun ?
Semua pasti mau kaaaannn ? :D Nah mumpung ada kesempatan niihh, buat kalian - kalian yang masih duduk di kelas 1 SMA dan lahir antara 1 Agustus 1995-1 Agustus 1997 dan pastinya berkewarganegaraan Indonesia. Program pertukaran pelajar ini juga terbuka bagi teman-teman yang tuna rungu, tuna netra, atau tuna daksa lho, tapi program pertukaran untuk teman-teman yang aku sebutin di atas tadi cuma berlaku untuk negara tujuan Amerika Serikat.

Banyak sekali pengalaman yang bisa kalian peroleh dari program pertukaran pelajar ini. Kalau di suruh menyebutkan satu - satu, mungkin ceritanya baru selesai bulan depan xD aku sih juga sebenernya di ceritain dari semua alumni AFS/YES yang aku kenal di www.facebook.com wkwkwk :D

Tertarik gak? Dibawah ini, alur pendaftaran untuk daerah Makassar dan sekitarnya ya :
  1. Pendaftar melakukan pembayaran (pembelian PIN registrasi) sebesar Rp 50.000,00 + Rp10.000,00 untuk lunch secara kolektif atau atas nama pribadi pada hari Senin - Sabtu di Jl. Mappaodang No.9 ( depan Kantor Makassar Terkini ), diharapkan datang pukul 16.00 - 18.00 WITA.
  2. Setelah melakukan pendaftaran dan pembayaran, nanti kalian bakal di kasih PIN registrasinya dan dikasih petunjuk sama kakak - kakak disitu.
  3. Kalo udah dikasih PIN, PIN nya itu terdiri dari 16 digit diaktivasi oleh siswa di website seleksi.bina-antarbudaya.info ( ada petunjuknya di kertas yang dikasih panitia chapter ).
  4. Kalian log in account dan mengisi data diri serta foto yang akan langsung tersimpan dalam website
  5. Setelah semua data dianggap lengkap dan benar, kemudian di finalisasi sesuai batas finalisasi yang ada di kertas.
  6. Setelah di finalisasi, unduh dan mencetak kartu ujian dan surat izin orang tua
  7. Kalo udah semua, tinggal tunggu daftar ulangnya aja. Untuk wilayah Makassar itu daftar ulang dari tanggal 23 - 26 April 2012, terus kalo yang di wilayah luar Makassar itu tangga; 27 - 28 April 2012. Daftar ulangnya itu di sekretariat chapter Makassar, nanti kartu peserta kalian bakal dikasih cap dan tanda tangan panitia. Kalo gak salah untuk daftar ulang, sekretariat buka dari jam 15.30 - 18.00 WITA.
  8. Surat persetujuan orang tua dikumpulkan ke sekretariat dan kartu ujian dikembalikan ke siswa.
  9. Kartu ujian harap disimpan dengan baik dan dibawa pada saat seleksi tahap 1.
Alamat Sekretariat Bina Antarbudaya Makassar
Jalan Mappaodang No.9, Makassar

Info: @binabudmks / afschaptermakassar.yolasite.com

Seleksi tahap satu kalo gak salah itu ada tes pengetahuan umum, bahasa Inggris, dan menulis essai bahasa Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 29 April 2012.

Pendaftaran terakhir sampai tanggal 15 April 2012 aja, makanya cepet buruan daftar yang berminat !!!! :D

Makasiiiiiihhhhh :D

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Boleh mendaftarnya diwakili, kak?

Unknown mengatakan...

Boleh mendaftarnya diwakili, kak?

Unknown mengatakan...

boleh tau cp yang bisa dihubungi untuk wilayah makassar? terimakasih.